Ghaddul Bashar itu BERAT, tapiii ....

Judul tulisan kali ini terinspirasi dari film indonesia yang lagi booming banget nih di bioskop. pada tau dong yaa.Demam DILAN makin merajarela sampe banyak banget yang buat video parodi, meme, bahkan karya kreatif lainnyaa

Nah ditulisan kali ini, aku bakal nge-review dan repost topik yang dibahas pas nongkrong" asik sore tadi. Pembahasannya terkait satu hal yang BERAT, Dilan aja gak kuat nahan rindu, karena rindu itu BERAT. Tapi kalo hal BERAT satu ini, kamu kuat gak ?Kuy luangin waktu bentar buat baca tulisan ini yang insyaAllah bermanfaat...

Awal topik dimulai, "Ghaddul Bashar - غَضُّ البَصَرِ" adalah kata asing yang bikin aku penasaran. 

sumber : muslim.or.id

Apa itu Ghaddul Bashar ?

Jadi, Ghaddul Bashar itu bisa disebut juga menundukkan pandangan. Pasti udah pada tau dong yaa, maksud dari menundukkan pandangan disini apa. Yaitu menjaga pandangan dari yang gak seharusnya dilihat, misal kayak ngeliat mamang-mamang boy band korea, ciwi-ciwi ngehitz yang geulis (read: cantik),atau pas ngeliat mas/mb yang dikasih anugerah keindahan fisik sama Allah. Yah jangan terlalu berlebihan sampai gak kedip deh ngeliatnya hehe, apalagi sampe kebayang".

Nah kalo lagi mengalami moment-moment kaya di atas, segera deh kita alihin pandangan ke yang lain, pindah objek yang diliat. Misal liat pohon, nunduk bentar, atau yah ngalihin sebisa kamu deh hehe.

Emang sih berat, tapi bukan berarti gak bisa kan ?
wkwkk aku ngomong gini juga buat nguatin diri sendiri sih
karena berat euy, susah lupa sama mamang-mamang tokoh utama di Drakor (read:Drama Korea)
Tapi kita pasti KUAT, bismillah yak :) 

Kalo dianalogikan gini nih,
misalkan kamu ditawarin buat mindahin 1.000 batu bata dengan jarak 20 meter dari tempat semula, dan dibayar Rp 20.000/batu bata. Kira-kira bakal mau gak ?
hmmm, kalo aku sih Gak !

Gak nolak hihi
coba aja deh, dihitung kalo kita mindahin 1.000 batu bata, berarti kita bisa dapat upah Rp 20.000.000 PER HARI, soale jarak 20 meter kan juga gak jauh ya
pasti pas mindahin 1.000 batu bata itu juga berasa ringan, seneng, dan semangaaat buanget

Nah, sama halnya dengan Ghaddul Bashar kan ? Cara menundukkan pandangan kan cuma mindahin bola mata, yang jaraknya <1 milimeter mungkin. Deket banget kan jaraknya, tapi kenapa kita ngerasain BERAT ya ?

Padahal nih, kalo dibandingin sama upah 20 juta yang bisa kita dapetin waktu mindahin 1.000 batu bata, bakal KALAH sama upah yang Allah kasih ke kita pas berhasil nundukin pandangan. Kuy dilanjut baca kebawah, ini nih yang bisa kita peroleh kalo berhasil ngelakuin Ghaddul Bashar:

1. Dapet jaminan surga
Rasulullan SAW, bersabda "Jaminlah aku dengan enam perkara, dan aku akan menjamin kalian dengan surga: jujurlah (jangan berdusta) jika kalian berbicara; tepatilah jika kalian berjanji; tunaikanlah jika kalian dipercaya (jangan berkhianat); peliharalah kemaluan kalian; tahanlah pandangan kalian; dan tahanlah kedua tangan kalian.” (HR. Ahmad no. 22757. Dinilai hasan lighairihi oleh Syaikh Syu’aib Al-Arnauth).
Kalau kita menjaga pandangan, sama artinya dengan kita membuka pintu surga. Pun sebaliknya, kalau kita gak jaga pandangan, sama aja kita nutup pintu surga. Hmm ngerii yak, kita yang sekarang aja belum tentu masuk surga, wah gimana kalo sampe ditambah gak jaga pandangan.

2. Meneguhkan HATI
Berat uga nih kalo udah ngomong tentang hati, jadi Ghaddul Bashar akan meneguhkan hati, kalo ibarat pohon, akarnya bakal bener-bener nancep ke tanah dengan kuat. Maka Ghaddul Bashar juga bakal mengikat hati kita dengan akhirat, gak melulu memprioritaskan dunia, tapi segala aktivitasnya akan selalu niatkan buat Allah.

Banyak juga quote yang bilang, kalo "yang BERAT itu bukan RINDU, tapi istiqomah"
Dan ternyata salah satu syarat buat gampang istiqomah dalam kebaikan, yaitu dengan jadikan hati kita terikat pada akhirat.

3. Dapatkan MANISnya Iman & Ibadah
Allah bakal ngasih rasa manis dalam ibadah, sebagai hadiah karena menundukkan pandangan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda,“Pandangan merupakan anak panah beracun dari anak-anak panah iblis. Maka barang siapa yang menahan pandangannya dari kecantikan seorang wanita karena Allah, niscaya Allah akan mewariskan rasa manis dalam hatinya sampai hari pertemuan dengan-Nya.” (HR Al-Hakim dalam Al-Mustadrak,V:313; Al-Qudha’i dalam Musnad Asy-Syihab, no. 292; dan  Ibnul Jauzi dalam Dzammul Hawa, hlm.13; dari Hudzaifah radhiallahu ‘anhu. Juga diriwayatkan oleh Ath-Thabrani dalam Al-Kabir, no. 10362 dari Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu. Diriwayatkan pula oleh Ibnul Jauzi dalam Dzammul Hawa, hlm. 140 dari Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu)

Pintu bagi masuknya iman ke dalam hati adalah dengan menundukkan pandangan.Iman yang tertanam dalam hati, akan dirasakan manisnya saat kita wujudkan iman itu dalam ibadah.
So, temen-temen 3 poin diatas adalah balasan yang bakal kita dapetin kalo kita nundukin pandangan, menjaga mata dari yang bukan hak kita. Pasti udah sering dengerkan, kalo Allah gak bakal ngubah keadaan suatu kaum, kalo kaum tersebut gak berusaha merubahnya.

Yuks saling ngingetin dalam kebaikan. Baca dan share tulisan ini, kalo kamu rasa bermanfaat,karena ilmu akan berguna saat kita memahami, mengamalkan, dan membagikan semoga bermanfaat. Tulisan ini bersumber dari catatan pribadi pas nongkrong asik di Nurul Asri, Deresan dengan topik bahasan Q.S. An-Nur:6 dari Ustad Syatori. Koreksi, kritik, dan saran temen-temen selalu terbukaaa :)

Literatur tambahan :

https://muslim.or.id/26590-menundukkan-pandangan-mata.html

https://muslimah.or.id/4401-saudaraku-masihkah-engkau-berat-untuk-menundukkan-pandangan.html






Comments